LinkiN PaRk

"In The End"



In THe End....EnJOy....
DOWNLOAD LP IN THE END

Hello Guys,Articel gw kali ini..bercerita tentang 12 Dewa Olimpus Dari Yunani kuno...gw sering nonton film perang,misteri,mesir-mesir gitu deh(film'' BOXOFFICE pastinya)...di situ di singgung nama'' dewa...awalnya w kgk ngerti...dr gk ngerti itu w akhirnya cari tahu...dan ohhhh yeahh...yunani punya dewa'' olimpus toh...dan meybe beberapa dewa olimpus ad yg udh gk asing lg di dengar so...read this okey...


Menurut kepercayaan Yunani, pada awal mula yang ada di alam semesta hanya kekosongan menyeluruh. Situasi kekosongan itu digambarkan sebagai khaos. Dari khaos timbulah dewa-dewa angkatan tua atau biasa disebut para Titan. Mereka dipimpin Kronos. Kronos memiliki sejumlah anak dari perkawinannya dengan Hera. Anak keenamnya bernama Zeus.

Seperti saudara-saudara lainnya, Zeus wajib dipersembahkan kepada sang ayah. Ibunya, dewi Hera, tidak tega anaknya yang keenam lagi-lagi mati karena kerakusan sang ayah. Maka ia menyembunyikan Zeus di suatu tempat. Sebagai gantinya, Kronos diberi makan batu.

Zeus selamat dan bertumbuh menjadi pemuda gagah. Ketika dewasa, Zeus memberi Kronos obat untuk memuntahkan semua putra-putrinya. Bersama Zeus, putra-putrinya itu melawan para dewa angkatan tua. Dengan bersenjata halilintar yang dicuri dari angkatan tua, mereka memenangkan pertempuran dan menguasai seluruh alam semesta.

Dewa Dewi Olimpus
Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa Dewi Olimpus. Dua dari Hebe, Helios, Hestia(Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionisius agar dapat hidup bersama manusia [akhirnya dia diangkat sebagai penjaga api di Olimpus] maka ia menolak disebut sebagai anggota Olimpus. Persefone tingal selama 6 bulan setiap tahunnya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah (konon mengakibatkan kegersangan di musim gugur dan dingin). 6 bulan lainnya, ia boleh kembali ke Olimpus dan tinggal bersama ibunya, Demeter. Walaupun Hades termasuk dewa utama Yunani, tetapi karena tinggal di dunia bawah tanah maka ia tidak erat dengan Olimpus. Dalam kisah lain, Helios memberikan tempatnya untuk Apollo. Hebe, seorang pembawa cawan anggur bagi para dewa menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herakles yang menjadi dewa Olimpus setelah wafat.), Demeter, Dionisius, Hades dan Persefone menjadi pelengkap dari kesepuluh dewa dewi itu

Ada 12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon dalam Mitologi Yunani adalah dewa dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar.

Karakteristik 12 Dewa Olimpus
Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah :


1.ZEUS

Zeus adalah pemimpin para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim dan cuaca.

Zeus (Bahasa Yunani: Ζεύς atau Dias Δίας), adalah nama seorang Dewa Yunani kuno. Dalam Bahasa Latin disebut Iopiter sedangkan dalam Bahasa Sansekertadisebut Dyaus-Pita

Dalam mitologi, Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, HERA yang menjadi Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, POSEIDON yang menjadi Dewa Penguasa Lautan, dan HADES yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.



2.HERA

Hera, istri Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.
Hera (Bahasa Yunani:: Ἥρα atau Ἥρη) dikenal sebagai istri dan saudara perempuan dari Zeus. Hera adalah dewi pernikahan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Sering ditahtakan dan dimahkotai dengan polos (mahkota berbentuk silinder tinggi), yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi-dewi besar.










3.POSEIDON

Poseidon adalah dewa laut.
Dalam Mitologi Yunani, Poseidon (Bahasa Yunani: Ποσειδῶν) dikenal sebagai Dewa penguasa Laut. Poseidon memiliki senjata berupa triden yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh Hippopocamus (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amphitrite dan memiliki anak bernama Triton. Posidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter.

4.ARES

Ares adalah dewa perang dan pembantaian.
Ares merupakan dewa perang dalam mitologi yunani Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu Planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.










5.HERMES

Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.Hermes adalah salah satu Dewa dalam Mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi romawi ia disebut juga sebagai Mercurius. Hermes adalah anak Zeus dan Maia

Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari. Hermes menjabat sebagai pembawa pesan Zeus dan pemandu bagi roh yang menuju neraka. Hermes memiliki tongkat yang disebut Caduceus.

Ia merupakan dewa penolong bagi Odizeusketika terjebak pada sebuah pulau. Dari hubungannya dengan Aphrodite Hermes memiliki anak bernama Hermaphrodite

6.HEFESTUS

Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.Hephaestus (Yunani: Ἡφαιστος Hêphaistos), dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin Senjata. Hefestus disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena. Walaupun bengkelnya terletak di pulau Lemnos,Hefestus dikaitkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia








7.APHRODITE

Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.

Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Tetapi legenda ini kurang populer. Legenda kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.

Aphrodite sangat populer dikalangan para dewa. Zeus khawatir akan terjadi peperangan diantara para dewa (karena memperebutkan Aphrodite) sehingga menikahkannya dengan Hephaestus dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara. Aphrodite juga dikisahkan berselingkuh dengan Ares, Dewa Perang hingga memiliki 2 putra yaitu Deimos dan Phobos, dan seorang putri yaitu Harmonia. Eros dan Anteros juga sering disebut-sebut sebagai putra dari Aphrodite dan Ares.

8.ATHENA

Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.Athena, (bahasa Yunani: Αθηνά or Αθήνη bahasa Doris: Ασάνα) yang dialihaksarakan sebagai Athene, adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, strategi, dan perang. Ia dihubungkan oleh bangsa Etruria dengan dewi mereka bernama Menrva, dan kemudian dikenali oleh orang Romawi sebagai Minerva, yang ditemani oleh seekor burung hantu kecil, memakai sebuah tameng dada bernama Aegis yang diberikan kepadanya oleh ayahnya dan ditemani oleh dewi kemenangan
Athena adalah dewi kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan, adik dari Ares sang dewa perang. Athena terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan "Perisai Aegis" sebuah perisai yang menurut mitos sangat kuat.

9.APOLLO

Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.
Apollo(bahasa Yunani:Απόλλων, Apóllōn; atau Απελλων, Apellōn) adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, matahari dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Orakelnya di Delphi sangat terkenal. Banyak orang dari seluruh Yunani yang mengunjungi orakelnya untuk mencari tahu mengenai masa depan mereka. Ia mempunyai busur yang terbuat dari emas. Pohon Laurel, burung gagak dan hewan lumba-lumba dikeramatkan untuknya

10.ARTEMIS


Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan, bulan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur perak dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.











11.DEMETER

Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris dan pelindung bahtera perkawinan Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone pergi bersama Hades di mana tidak terdapat sinar matahari, saat itulah terjadinya musim dingin. Dan ketika Persefone pergi bertemu Demeter sekali setahun, saat itulah tiba musim semi.Ada beberapa kisah tentang Demeter yang mengajarkan tentang moral yang baik, salah satunya adalah kisah Erisikton yang dikutuk untuk menjadi lapar sampai mati.Dalam kebudayaan Romawi, Demeter dikenal dengan nama "Ceres". Kemungkinan nama Ceres ini merupakan sumber inspirasi dari sebuah merk bahan makanan berlapis coklat yang sering digunakan untuk melapisi roti. Bahan makanan tersebut terbuat dari coklat berbentuk seperti butiran padi.Yang menarik adalah ternyata Indonesia, khususnya Jawa, memiliki sosok dewi yang mirip dengan karakter Demeter yaitu Dewi Sri yang dikenal sebagai dewi kesuburan.

12.HESTIA

Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.
Mereka membagi dunia ini menurut keinginan mereka. Zeus menjadi pemimpin para dewa Olimpia, Poseidon menjadi dewa laut, Apollo atau Phevos menjadi dewa matahari, dan lain-lainnya.Dalam mitologi Yunani, perawan Hestia (Romawi : Vesta) adalah putri dari Kronos dan Rhea, (Yunani kuno: Ἑστία') yang merupakan Dewi Perapian (hearth), dari susunan kehidupan domestik dan keluarga, ia menerima persembahan pertama dalam setiap sesajen dalam rumah tangga. Dalam wilayah publik, tungku perapian didalam ruang pertemuan umum difungsikan sebagai tempat suaka resmi baginya. Didalam pendirian sebuah koloni baru,api yang berasal dari perapian umum Hestia di ibu kota, akan dibawa ke pemukiman yang baru.